Tuesday, 6 August 2013

Oke pada postingan sebelumnya degonk udah ngejelasin secara umum tentang Panduan Penyusunan Proposal Kegiatan dari mulai latar belakang sampai pada penutup. Nah sekarang degonk mau sharing dan berbagi tentang siapa sajakah yang akan menjadi penentu dan pelaksana kegiatan, karena para prajurit ini yang akan menyukseskan semua kegiatan yang akan dilaksanakan.
Ada beberapa yang berbeda dari susunan panitia yang akan dibahas, karena biasanya setiap organisasi memiliki karakter dan ciri khasnya masing-masing. Bisa saja organisasi A sangat membutuhkan fungsi dari seksi bidang logistik, tapi organisasi B lebih memilih logistik disatukan dengan konsumsi. Ya memang banyak versinya dari panitia pelaksana kegiatan, namun akan sangat bermanfaat bila kita belajar dengan sesuatu yang baru.
Oke sekarang kita bahas dari yang paling penting dulu..

A. Steering Commite
     Nah lho siapakah steering commite ini, ko aku baru denger ya???jadi steering commite ini bisa kita ibaratkan sebagai konseptor dari kegiatan yang akan dilaksanakan. Ibaratnya seperti pengawas yang mengawasi kegiatan yang sudah ditentukan sebelumnya oleh SC sendiri, tapi jangan menganggap bila SC ini adalah seorang penguasa tanpa ampun dan harus selalu dituruti kehendaknya. SC hanya sebagai orang yang memberikan tujuan dari kegiatan yang akan dilaksanakan, setelahnya diserahkan pada Organizing Commite yang memiliki tupoksi lebih jelas tentang pelaksanaan kegiatan. SC ditentukan oleh seorang penanggung jawab yang bisa kita sebut itu seorang Ketua, dan SC berhak memilih juga menentukan siapa orang yang pantas menjadi Ketua Pelaksana (OC) kegiatan itu.
Seperti halnya panitia, SC pun memiliki Seksi bidangnya sendiri, seperti Sekretaris, bendahara, dan koorbid-nya masing-masing. Tujuannya agar bisa lebih jelas jobdesc-nya..

B. Ketua Pelaksana atau Organizing Commite
     Ketua Pelaksana atau Organizing Commite adalah orang yang bertanggungjawab atas kegiatan yang akan dilaksanakan oleh suatu organisasi. Ketuplak atau KetOC ini menjadi kapten tim dalam pelaksanaan kegiatan, tentunya harus pula memimimpin para prajurit seperti seksi bidang. Tugas pertama Ketua OC adalah dengan menyusun prajurit yang akan bertarung bersamanya, namun ketua OC pun tidak bisa bekerja sendiri untuk menentukan prajuritnya, pastilah selalu ada menteri-menteri yang mendampingi seperti sekretaris dan bendahara. Ketua OC memiliki otoritas untuk menentukan seksi bidang apa saja yang panitia perlukan untuk kesuksesan kegiatan ini, jadi bila ketua OC hanya membutuhkan #-4 bidang maka itu tidak akan menjadi masalah.

C. Sekretaris OC
     Sekretaris OC biasanya dipilih dengan alasan orang yang paling dekat dengan ketua OC, banyak organisasi yang berpendapat bahwa 2 mesin ini lah yang akan menentukan semangat sebuah mobil pelaksana kegiatan. Seperti halnya tugas seorang sekretaris, maka tidak akan ada bedanya dengan yang lain, membuat surat, menyusun ulang proposal kegiatan, dan semua yang berhubungan dengan persuratan.

D. Bendahara OC
     Kalo ada orang yang bilang Bank jalan, maka bendahara bisa jadi disebut seperti itu karena bendaha OC selalu membawa uang organisasi disaat-saat persiapan ataupun pelaksanakaan. Biasanya bendahara OC slalu erat kaitannya dengan seorang wanita yang dianggap lebih rapi dan apik dalam segi keuangan, tapi ada juga yang sengaja memasang wanita agar menjadi bendahara karena wanita itu terkenal dengan sifat pelit. hhehe

waduh udah masuk waktu ashar nih, ntar degonk lanjut lagi dengan pembahasan seksi bidang yang biasanya diperlukan untuk sebuah kegiatan. see you later.... ^_^
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!